JPPOS.ID || BENGKULU SELUMA – Desa Pasar seluma penetapan Titik Nol Pembangunan Gedung seni yang akan dibangun yang menggunakan Dana desa (DD), setelah melaksanakan tahapan regulasi kegiatan dana desa (DD) sesuai dengan aturan, hari ini Jum’at (26/4/2024) pagi usai melakukan rapat di kantor Desa, Pemerintahan Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma, langsung kelapangan untuk melakukan titik nol.

Dalam pelaksana titik nol ini, Yus Sukardi, Kepala Desa (Kades) Pasar Seluma, dalam rapat pra pelaksanaan titik nol menyampaikan, dalam kegiatan Dana Desa DD anggaran tahun 2024 Desa Pasar Seluma tahun ini ada beberapa kegiatan fisik diantaranya, plester rumah warga kurang layak huni, mengingat adanya salah satu warga saya (warga pasar seluma) yang tergolong kurang mampu.

” Setelah saya berkoordinasi dengan pendamping desa bisa tidak membantu masyarakat garis bawah untuk rumah yang kurang layak huni, dan ternyata bisa, jadi tahun ini kita juga ada program plester rumah kurang layak huni yang bersumber dari dana DD,” ungkap yus Sukardi kades pasar seluma.

Adapun warga yang menerima perehapan rumah tidak layak berjumlah 36 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kegiatan plester rumah warga untuk tahap pertama ini direalisasikan sebanyak 20 orang, sementara untuk 16 orang KPM akan direalisasikan pada APBDes perubahan.

“untuk APBdes murni ini baru terealisasi untuk 20 orang Keluarga Penerima Manfaat ( KPM), sementara untuk 16 orang KPM akan direalisasikan pada APBdes perubahan,” jelasnya.

Selain kegiatan tersebut diatas tuturnya, tahun ini juga ada kegiatan fisik peningkatan gedung balai seni dan pembangunan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 172 meter dengan lebar 2 meter.

“Allahamdulillah, kegiatan titik nol sudah kita laksanakan. Mari kita jaga kegiatan ini, semoga berjalan lancar sesuai dengan harapan masyarakat.

Untuk masyarakat kami mohon dukungannya dan do’a nya, semoga kami Pemdes Pasar Seluma amanah dan Istikomah sebagai pengabdi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekdes Pasar Seluma, Ibnu Hajar dalam kegiatan ini, secara rinci memaparkan, semua administrasi sudah disiapkan sebagaimana aturan yang berlaku, terutama pada kegiatan fisik peningkatan balai seni dan pembangunan jalan usaha tani.

“insyaallah dari segi administrasi, termasuk hibah tanah peningkatan gedung balai seni sudah dilengkapi. Sementara untuk plester rumah warga kurang layak huni, Pemdes Pasar Seluma hanya menyerahkan material selanjutnya melakukan pengawasan, untuk pekerjaan berbentuk swadaya.” tutupnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan Pemdes Pasar Seluma tersebut, dibuka langsung oleh Yus Sukardi Kepala Desa Pasar Seluma, dihadiri seluruh Perangkat Desa, BPD turut hadir Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perwakilan Kecamatan Seluma Selatan.

Do/heno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *