Guna Wujudkan Kampung Kreatif Ramah Perempuan dan Anak (FK Puspa) Sumut Melakukan Pelatihan PATBM Bagi Perempuan Pelaku Usaha

Jppos.id || Binjai, Sumut – Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK Puspa) Sumatera Utara mengadakan Fasilitasi Lembaga Masyarakat dalam Pelaksanaan Kebijakan Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi di Provinsi Sumatera Utara dalam mewujudkan Kampung Kreatif Ramah Perempuan dan Anak.

Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) bagi perempuan pelaku usaha menjadi rangkaian kegiatan yang diadakan di Kantor Camat Binjai Barat pada Jumat, 17 November 2023. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kementerian PPA RI, FK Puspa Sumut, DP2AKB Provinsi Sumatera Utara dan Kota Binjai, Camat Binjai Barat, dan perwakilan dari empat kelurahan se-Kota Binjai.

Badriyah, S. Sos, MSP selaku Ketua FK Puspa Sumut mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan guna wujudkan kampung kreatif ramah perempuan dan anak melalui UMKM. “Para pelaku usaha Perempuan dan para pekerja ikut berkontribusi untuk menjadi aktivis perlindungan pada perempuan dan anak di wilayah lingkungan mereka”, tuturnya.

Untuk itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan para perempuan pelaku usaha itu akan mandiri secara ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan keluarga serta mampu mendidik anak anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan menjadi pelopor serta pelapor jika melihat kasus kekerasan di lingkungannya.

Dilain Sisi Camat Binjai Barat, Oskar Arifandi sangat mengapresiasi dan sangat antusias akan adanya kegiatan ini. “Di kota Binjai sendiri saat ini sudah terbentuk Kampung Industri Tahu Ramah Perempuan dan Anak di kelurahan Suka Maju, semoga nantinya akan terbentuk lagi kampung lainnya yang dapat mengembangkan potensi usaha bagi perempuan.” Katanya.

“Saya dan tim dari kecamatan binjai barat sangat mengapresiasi, antusias dan siap mensupport akan adanya kegiatan ini, tentunya kegiatan ini akan membantu terwujudnya kecamatan layak anak dan dapat menjadi percontohan untuk kecamatan lain. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan semangat masyarakat Binjai Barat untuk pengembangan UMKM ini,” harapnya dalam kata sambutan.
(Siti Zahra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *