1000 Hari Pertama Paling Penting Bagi Kehidupan Manusia

JPPOS.ID_KLATEN — Kehidupan manusia yang paling penting adalah, masa di usia balita atau usia di bawah lima tahun. Namun dalam masa balita itu terdapat masa yang sangat penting dalam fase kehidupan seseorang yang menentukan perkembangan fisik maupun psikis seseorang yaitu, masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).
Bagi ibu hamil khususnya, dan orang tua umumnya perlu mempersiapkan, mencukupi kebutuhan makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup, dan nutrisi yang memadai bagi ibu hamil. Hal itu sangat penting untuk mencegah stunting pada anak-anak generasi mendatang.

Demikian kesimpulan yang didapat dari sambutan Deputy Kepala BKKBN Pusat, dr. Muhammad Yani saat menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Di Kampung KB yang diselenggarakan oleh Kelompok Cempaka, Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kasih Ibu, Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, pada hari Jum’at (23/10/20).

Acara yang dihadiri oleh Deputy Kepala BKKBN, Muhammad Yani, dihadiri juga oleh Pjs. Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang W Ismoyo, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Kadarwati, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu yang diwakili Wakapolres, Kompol Adi Nugroho, Dandim 0723/Klaten, Letkol Inf. Joni Eko Prasetyo yang diwakili Kasdim 0723/Klaten, Mayor Inf. Ustadi Rahmad. Juga tampak hadir perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Sosial P3AKB Pemkab Klaten, Camat Klaten Selatan dan seluruh Kepala Desa se kecamatan Klaten Selatan.

Hj. Kadarwati yang mewakili Ketua DPR RI, Puan Maharani menyampaikan permohonan maaf kepada warga Kabupaten Klaten khususnya warga desa Glodogan, karena tidak jadi datang di desa Glodogan dikarenakan ada kegiatan yang sama di kabupaten Boyolali.

Selain diisi dengan sosialisasi program 1000 HPK, dalam kegiatan hari ini juga dibagikan puluhan paket bahan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita, kepada ibu-ibu warga Kampung KB Kasih Ibu Desa Glodogan, kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten.

Sebelum mengisi acara sosialisasi tentang Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan di Kampung KB, Deputy Kepala BKKBN beserta rombongan dibawa oleh panitia untuk melihat-lihat kegiatan pelayanan program Keluarga Berencana yang dilakukan di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Kasih Ibu, kemudian rombongan tamu tersebut juga diajak melihat-lihat dan menikmati aneka makanan dan cemilan produksi warga Kampung KB Kasih Ibu.

Pjs. Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko dalam sambutannya, sempat meminta rombongan Deputy Kepala BKKBN dari Jakarta agar menginap di Klaten, untuk melihat dan menikmati obyek wisata yang ada di Klaten, dan menikmati wisata kuliner makanan tradisional khas Klaten.

Kepala Desa, Glodogan, Zaenal Arifin sesaat setelah acara sosialisasi selesai kepada wartawan menyatakan, “bersyukur acara sudah terlaksana dengan baik, lancar dan aman. Acara hari ini sudah kami persiapkan dengan baik dan dengan protokol kesehatan yang ketat karena kita masih ada dalam masa pandemi Covid19”. (Jppos Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *