JPPOS.ID || Purwakarta. Guna mendengarkan keluh kesah masyarakat secara langsung, Polsek Purwakarta Kota, Polres Purwakarta menggelar kegiatan bertajuk Jumat Curhat. Kegiatan yang digelar sederhana ini sebagai bentuk silaturahmi dan komunikasi Polri dan Masyarakat.
Kegiatan yang digelar di Masjid Al Arahman, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta itu, dipimpin langsung Kapolsek Purwakarta Kota, Kompol H Januaryono dan didampingi para Kanit/Kasi/Panit dan Babinkamtibmas Polsek Purwakarta Kota, tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga sekitar.
Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Purwakarta Kota, Kompol H Januaryono mengatakan, jumat Curhat merupakan agenda rutin mingguan sebagai penjabaran program Quick Wins Presisi Polri serta kebijakan Kapolda Jabar dan Kapolres Purwakarta dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan motto gerakan semangat untuk melayani dan bertindak untuk melindungi.
“Kegiatan rutin ini mendengar langsung curhat warga mengenai saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian di Wilayah Hukum Polsek Purwakarta Kota. Jadi Polri dalam hal ini Polsek Purwakarta Kota duduk bersama masyarakat, untuk mendengarkan keluhan, curhat, maupun menyerap informasi langsung,” ucap Januaryono, pada Jumat, 6 Desember 2023.
Dijelaskannya, Program Jumat Curhat merupakan salah satu upaya pembinaan kemitraan Polsek Purwakarta Kota, Polres Purwakarta dengan masyarakat, dimana Polri dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian.
“Selain mendengar keluh kesah warga, Jumat curhat itu juga sebagai upaya mempererat silaturahmi, mengimplementasikan Polri hadir di tengah masyarakat. Sebagaimana arahan Pak Kapolres Purwakarta sebagi upaya mendekatkan Polri dengan Masyarakat,” ucap pria yang terkenal murah senyum itu.
Kegiatan yang digelar usai melaksanakan sholat jumat itu, berlangsung santai dan penuh keakraban serta diisi dialog interaktif dengan masyarakat sambil menerima langsung curhat warga terkait situasi kamtibmas.
“Masyarakat juga memberikan saran dan kritik untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Purwakarta dan Kecamatan Babakancikao. Intinya kami sangat membutuhkan saran, kritik, dan informasi masyarakat. Hal ini sebagai bahan evaluasi kami dalam rangka membenahi, memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas kinerja pelayanan,” Ucal Januaryono.
Lanjut dikatakan Kapolsek, selain mendengar curhatan ataupun bmasukan dari masyarakat, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga menyampaikan himbauan Kamtibmas.
“Kami menyampaikan kepada masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga situasi kamtibmas di lingkungan, Jadilah polisi bagi diri sendiri dan keluarga. Jangan sungkan untuk lapor ke polisi jika ada suatu hal yang mencurigakan. Karena tugas kita melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat,” tegas Kompol H Januaryono.
(Saehudin Pwk)