Pati//JurnalPolisi.Pos//Dalam rangka menjaga keandalan jaringan listrik dan meningkatkan kualitas pelayanan, PLN UP3 Kudus bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara melaksanakan program pemeliharaan jaringan listrik untuk memastikan kondisi jaringan dalam kondisi prima.
Di tengah musim penghujan, tim gabungan PLN ULP Jepara, ULP Bangsri, ULP Kudus Kota, ULP Pati, UP3 Kudus, dan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Jepara melaksanakan rabas-rabas dahan dan ranting pohon yang kondisinya dekat dengan jaringan listrik PLN di wilayah Kabupaten Jepara.
Manager PLN UP3 Kudus, Yunarsih di temui di ruang kerjanya menyampaikan “penyebab terbanyak terjadinya gangguan pada jaringan listrik adalah disebabkan oleh faktor cuaca buruk dimana angin kencang dapat menyebabkan dahan dan ranting pohon mengenai jaringan.” Senin, 13/2/2023.
“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup setempat yang bersedia untuk berkolaborasi dalam upaya kita untuk mengamankan jaringan di wilayah Kabupaten Jepara ini. Semoga kerja sama ini tetap terjalin dan kita bisa bersama2 mengamankan jaringan listrik dari risiko terkena pohon.”
Di satu sisi, Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan DLH Jepara, Nexon turut menyampaikan “dengan adanya program kolaborasi ini, kami berharap dapat membantu PLN dalam mengamankan pasokan listrik, dan kami juga berterima kasih kepada PLN atas kerja sama dalam membantu DLH untuk mengamankan pohon yang kondisinya sudah terlalu dekat dengan jaringan listrik PLN. “
Dengan adanya kegiatan kolaborasi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kehandalan pasokan listrik. Yunarsih juga menyampaikan, PLN akan memberikan informasi kepada masyarakat terkait rencana pemeliharaan jaringan listrik melalui media sosial Instagram PLN UP3 Kudus agar masyarakat dapat menyesuaikan aktifitas sehari-harinya saat dilaksanakan pemeliharaan jaringan listrik oleh PLN.
“Kami akan menginformasikan sebelumnya terkait jadwal pemeliharaan jaringan listrik dan wilayah-wilayah mana yang terdampak. Jika terjadi padam diluar wilayah yang disebutkan, ada kemungkinan terjadi gangguan kelistrikan yang bersifat lokal. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, langsung saja menyampaikan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile, petugas PLN akan siap melayani 24 jam,” pungkas Yunarsih. (Eko/Tim).