Evaluasi Kinerja Polri, Itwasda Polda Kalbar Gelar Audit Tahap II di Polres Sekadau

JPPOS.ID | Sekadau, Kalbar – Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Kalimantan Barat (Kalbar) melaksanakan Audit Kinerja Tahap II yang berfokus pada aspek Pelaksanaan dan Pengendalian. Kegiatan evaluasi menyeluruh ini berlangsung di Aula Bhayangkara Patriatama Polres Sekadau, pada Rabu (23/10/2024).

Dalam kegiatan ini, AKM 2 Itwasda Polda Kalbar, Kombes Pol Agung Setyo Wahyudi, S.H., S.I.K., M.Si, selaku Ketua Tim Audit, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari fungsi kontrol yang rutin dilaksanakan untuk memastikan kualitas tata kelola tugas Polri. Menurutnya, tujuan utama dari audit ini adalah untuk mencapai standar yang diharapkan dalam pelaksanaan tugas kepolisian.

“Audit kinerja ini diharapkan tidak hanya mencari kesalahan, tetapi lebih pada pembenahan. Temuan-temuan yang ada, baik dari audit tahap pertama maupun audit kinerja dari Itwasum Polri sebelumnya, harus dijadikan peluang untuk perbaikan,” ujar Kombes Agung, saat membuka kegiatan audit kinerja di Polres Sekadau.

Kombes Pol Agung menekankan pentingnya tidak merasa alergi terhadap temuan yang mungkin dianggap sebagai kekurangan. Ia mengajak seluruh personel Polres Sekadau untuk memanfaatkan audit ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri, berbagi pengalaman, dan menyamakan persepsi antara aturan yang berlaku dengan implementasinya di lapangan.

“Banyak kesalahan administrasi yang masih berpatokan pada kebiasaan lama yang mungkin sudah tidak sesuai dengan peraturan atau undang-undang yang berlaku,” ungkapnya.

“Perencanaan yang salah sejak awal akan berakibat pada pelaksanaan yang tidak tepat. Kebiasaan yang salah yang terus berlanjut dapat memiliki konsekuensi hukum yang krusial bagi tata kelola organisasi kepolisian, yang pada akhirnya berdampak pada profesionalisme kerja,” tambahnya.

Audit kinerja yang dilaksanakan pada tahap kedua ini mencakup berbagai bidang, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Operasional, Anggaran dan Keuangan (Garkeu) serta Sarana Prasarana (Sarpras). Kombes Pol Agung berharap setiap temuan atau perbaikan yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh personel yang terkait, sehingga tidak ada lagi temuan yang berulang di masa mendatang.

“Manfaatkan kesempatan audit kinerja tahap dua ini sebaik mungkin untuk berkonsultasi. Jadikan ini sebagai momen untuk meningkatkan manajemen dalam pelaksanaan tugas Polri,” tutupnya.

Kegiatan audit kinerja ini, dihadiri oleh Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, Wakapolres Sekadau Kompol Riko Syafutra, S.T., S.I.K., M.H, serta pejabat utama Polres Sekadau, Kapolsek jajaran dan perwakilan anggota Polres Sekadau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *