Pemdes Cawang, Laksanakan Pembangunan SPAL Jalan Lingkungan Dan Gedung Posyandu Dalam Penyerapan DD TA 2024.

JPPOS.ID || BENGKULU SELUMA – Dalam proses pembangunan desa Cawang Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma melaksanakan pembangunan beberapa item yang pastinya sudah melalui berbagai proses dan regulasi yang pastinya berdasarkan ajuan dari masyarakat terutama didusun masing-masing , berdasarkan hasil Musyawarah Dusun (musdus) yang kemudian hasil Musyawarah Dusun dibahas kembali ditingkat Musyawarah Desa.

 

Setelah adanya kata mufakat dalam Musyawarah Desa disini disepakati dari toko masyarakat juga segenap lembaga desa, Badan Permusyarakatan Desa BPD bersama ketua BPD disinilah hasil Musyawarah Desa bangunan fisik akan di bangunkan sesuai kebutuhan yang tentunya juga berdasarkan kebutuhan yang dianggap perlu dan urgen.

 

Adapun bangunan Saluran Pengaliran Air Limbah SPAL dibangunkan diareal pemukiman masyarakat, adapun tujuan pembangunan ini bertujuan menjaga kebersihan lingkungan dimasyarakat, yang pastinya disamping menjaga kebersihan SPAL ini juga bisa menghindari banjir disaat musim hujan.

 

Disamping itu SPAL juga menghindari genangan air yang disebabkan air limbah rumah tangga, yang pastinya juga mengurangi berkembang biaknya nyamuk yang bisa menimbulkan demam berdarah.

 

Dalam hal ini bangunan SPAL terdapat beberapa titik, hal ini juga agar adanya pemerataan pembangunan di masyarakat, selain bangunan SPAL masih ada bangunan fisik lainnya, salah satunya bangunan Jalan Lingkungan di pemukiman masyarakat.

 

Adapun tujuan dibangunnya jalan pemukiman ini bertujuan agar mempermudah akses jalan sebagai penghubung antar rumah warga, sebab selama ini warga menggunakan jalan setapak, dan jalan yang selama ini dipakai warga sangat membahayakan pengguna jalan, terutama bagi anak anak apalagi sewaktu musim hujan.

 

Dalam kesempatan ini Bapak Kepala Desa Cawang Wenri juga sempat berpesan pada warga saat melaksanakan titik nol,”setelah dibangunnya bangunan ini baik itu bangunan SPAL ataupun jalan lingkungan ini, saya berharap kita bisa sama-sama menjaga dan merawatnya, sebab setelah terbangunnya fisik ini tidak menutup kemungkinan sangat membutuhkan perawatan dari masyarakat lingkungan juga,” ungkap kepala desa Cawang kecamatan lubuk sandi kabupaten Seluma.

 

Ditempat lain masyarakat juga sangat berterima kasih kepada kepala desa Cawang Kecamatan lubuk sandi kabupaten Seluma,” kami dari masyarakat sangat senang dan merespon dengan baik atas dibangunnya Saluran Pengaliran Air periukan SPAL ini, sebab memang selama ini saluran pengaliran air limbah rumah warga sering terjadi genangan air, yang tentunya menyebabkan bau yang kurang sedap,”ungkap warga.

 

Disamping SPAL, jalan lingkungan juga ternyata dibangun juga oleh segenap perangkat desa, dan ini sesuai harapan kami, sebab kalau melihat geografis desa Cawang merupakan geografis perbukitan, yang pasti susunan rumah warga seperti yang bapak liat, kalau tidak dibangun jalan ini, tentunya sangat menyulitkan kami saat berjalan, terutama bagi anak-anak,”imbuh warga kembali saat merespon akan bangunan SPAL dan Jalan Lingkungan.

 

Heno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *