Plt Gubernur Rosjonsyah: Nilai Luhur Pancasila Adalah Fondasi Utama Berbangsa Dan Bernegara.

JPPOS.ID || BENGKULU – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rosjonsyah, bertindak sebagai Inspektur upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yang digelar di Lapangan Kantor Gubernur Pemda Provinsi Bengkulu, Selasa (1/10).

Dalam amanatnya, Rosjonsyah menegaskan pentingnya generasi muda menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa.

Menurutnya, Pancasila adalah landasan utama yang menguatkan persatuan serta kokohnya ikatan kebangsaan di tengah perbedaan.

“Pancasila harus benar-benar kita tanamkan dalam jiwa. Nilai ini adalah fondasi dasar bagi kita sebagai anak bangsa yang mencintai tanah airnya,” tegas Rosjonsyah.

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa Pancasila menjadi kunci persatuan yang menyatukan seluruh elemen bangsa, terlepas dari keragaman suku, agama, budaya, dan bahasa, khususnya dalam menghadapi 100 tahun Indonesia Emas yang diimpikan menjadi bangsa yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pancasila menyatukan kita, mengatasi semua perbedaan demi mencapai tujuan bersama menuju Indonesia Emas,” ujar Plt Gubernur Rosjonsyah dengan penuh keyakinan.

Ia juga berpesan agar nilai-nilai Pancasila tidak hanya sekadar dihafal, tetapi juga diwujudkan dalam tindakan sehari-hari, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai bangsa yang majemuk, kata Rosjonsyah, kita patut bersyukur atas Pancasila yang telah menjadi landasan kebangsaan yang kokoh.

“Pancasila harus selalu kita jiwa dan pedomani, agar semangatnya senantiasa hidup dalam setiap langkah kita. Ideologi ini harus tampak nyata dalam integritas, etika, dan karakter para pemimpin serta rakyat Indonesia,” lanjutnya.

Rosjonsyah mengingatkan bahwa nilai-nilai Pancasila harus terus ditanamkan dalam diri setiap warga, sehingga semangat kebersamaan tidak luntur dalam menghadapi tantangan zaman.

“Semangat Pancasila tidak boleh pudar. Kebersamaan sebagai bangsa harus terus diperkuat demi masa depan Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas di Provinsi Bengkulu, ASN di lingkungan Pemda Provinsi Bengkulu, serta tamu undangan lainnya.

Dona Humas Pemprov Bengkulu/ red/Heno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *