Puncak Perayaan HUT Ke-21 Kab. Humbahas Diawali dengan Paripurna DPRD

JPPOS.ID || Humbahas – Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) yang dipusatkan di Tanah Lapang Merdeka, Doloksanggul diawali dengan Paripurna DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Senin 29 Juli 2024.

Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan, Ramses Lumbangaol, SH dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Labuan Sihombing dan Anggota DPRD.

Turut hadir Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan Dr. Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto, SH, SIK, MH, Dandim 0210/TU Letkol Inf. Saiful Rizal, S.Hub.Int, Kajari Humbang Hasundutan diwakili Kasi Datun Ade F. D. Sinaga, SH, MH, Wakil Ketua TP. PKK Ny. Erma Oloan Paniaran Nababan, anggota TP. PKK, DWP, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, IAD, Sekda Chiristison R. Marbun, M.Pd, Pimpinan OPD, BUMN/ BUMD, Tokoh agama/ masyarakat, Tokoh pemuda, LSM dan wartawan serta masyarakat lainnya.

Paripurna ini juga dihadiri Bupati/ Wakil Bupati Humbang Hasundutan periode sebelumnya, seperti Wakil Bupati Periode 2005-2010 dan 2010-2015, Marganti Manullang, Wakil Bupati Periode 2015-2020, Saut Parlindungan Simamora, pemrakarsa berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam sambutan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan ‘SELAMAT HARI ULANG TAHUN YANG KE-21 KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN’.

Tanggal, 28 Juli 2024 genaplah usia Kabupaten Humbang Hasundutan 21 Tahun, yang berarti 4 (empat) periode pemerintahan telah berlalu. Setiap periode pemerintah melakukan berbagai upaya, kerja keras dan inovasi untuk membangun daerah ini demi mencapai kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, tugas kita ke depan adalah melanjutkan estafet pembangunan sehingga mampu menjawab tantangan, hambatan dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum.

Tema HUT ke-21 Kab Humbahas ‘Bersama Membangun Humbang Hasundutan Dengan Peningkatan Pertanian dan Ekonomi Yang Berkelanjutan’. Melalui tema ini, diharapkan seluruh masyarakat agar bekerja sama, bahu membahu dan bersatu padu untuk mewujudkan Kabupaten Humbang Hasundutan yang Maju dan Bermentalitas Unggul.

Beberapa Capaian Pembangunan Kabupaten Humbang Hasundutan juga disampaikan antara lain:

1. Perekonomian daerah Kabupaten Humbang Hasundutan mengalami pasang surut, terutama akibat pandemi covid 19 yang mengakibatkan terjadinya perlambatan ekonomi mencapai minus (-) 0,13 persen pada tahun 2020. Namun berkat kerja keras seluruh elemen masyarakat perekonomian kita pada tahun 2023 telah bertumbuh mencapai 4,38 persen atau meningkat sebesar 5,51 persen dari tahun 2020.

2. Angka kemiskinan tahun 2016 adalah 9,78 persen dan pada tahun 2023 8,69 persen atau menurun sebesar 0,19 persen.

3. Angka pengangguran tahun 2021 adalah 1,94 persen dan pada tahun 2023 di angka 0,42 persen atau menurun sebesar 1,52 persen.

4. Indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2016 IPM berada pada angka 66,56 dan pada 2023 IPM berada di angka 72,49 atau meningkat sebesar 5,93 poin yang merupakan kenaikan tertingggi se-kawasan Danau Toba.

5. Peningkatan kualitas pendidikan melalui inovasi gasing, dengan meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik. Salah seorang guru SDN 175784 Tukka Toruan Pakkat atas nama Livi Yulia Sihombing yang sudah menjadi tutor matematika gasing telah diterima pada program s-2 master of public administration di Tsinghua University, China. Universitas tersebut berada pada peringkat 12 World University Rankings 2024.

6. Pemberian beasiswa kepada siswa dan mahasiswa berprestasi dari tahun 2017 s/d 2024. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan sudah memberikan beasiswa sebesar kurang lebih Dua Puluh Tiga Milyar Rupiah kepada siswa-siswi yang masuk ke SMA Unggulan sebanyak 113 orang dan kepada mahasiswa sebanyak 372 orang yang berhasil masuk ke Perguruan Tinggi terbaik di indonesia. Salah seorang alumnus SMA negeri 2 lintongnihuta atas nama Jeconiah Hebrew Pistardo Purba mendapatkan Beasiswa Indones

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *