PRAJURIT LANTAMAL III JAKARTA TINGKATKAN KEMAMPUN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA TERTENTU DI LAUT

JPPOS.ID,JAKARTA-Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut III Jakarta dan Jajarannya, Komandan Lantamal lll Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., diwakili Kepala Dinas Hukum Lantamal III Letkol Laut (KH) Yopi Riberty Riri, S.H.,M.H., membuka Pelatihan Teknik Penyidikan Tindak Pidana Tertentu di Laut TA 2021, Senin (21/06/2021) di ruang CAT, Mako Lantamal III Jakarta.

Kegiatan yang diikuti personel dari Satuan Kapal Patroli, Yonmarhanlan dan Denma Mako Lantamal III ini bertujuan untuk membekali prajurit Lantamal III Jakarta pengetahuan dan aplikasi peraturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan tugas penegakan hukum di laut, baik mekanisme penyidikan maupun teknik pemberkasan perkara tindak pidana tertentu dilaut yang menjadi kewenangan TNI AL serta penyamaan pola pikir dan pola tindak dalam menangani proses penyidikan perkara tindak pidana dilaut.

Saat dijumpai disela-sela kegiatannya, Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P. mengatakan “Salah satu tugas utama Lantamal III adalah menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan perairan kawasan Barat dari Selat Sunda sampai perairan Bangka Belitung yang merupakan perairan strategis dan memiliki potensi sumber daya alam yang besar serta merupakan jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I. Untuk itu, agar keamanan laut tetap terjaga dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, kita harus membentenginya dengan selalu melaksanakan pengawasan terpadu salah satunya melalui patroli laut”, tegasnya.(Effendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *