Pemda Paluta Selenggarakan Konsultasi Publik RPJPD Tahun 2025-2045

JPPOS.ID || PALUTA – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menyelenggarakan Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025 Kabupaten Padang Lawas Utara bertempat di Aula Bappelitbangda, Senin (19/02/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Pj Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, SSTP., MM., diwakili oleh PIh Sekretaris Daerah Makmur Harahap, ST., MM., Kepala Badan Pusat Statistik, Rektor ITS Kabupaten Padang Lawas Utara, Para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, Camat se Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabag di Sekretariat Daerah, dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, SSTP., MM., diwakili oleh PIh Sekretaris Daerah Makmur Harahap, ST., MM., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RPJPD dan RKPD Kabupaten Padang Lawas Utara merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas perencanaan yang adaptif dan inovatif untuk menghadapi segala permasalahan pembangunan daerah.

Rancangan awal RPJPD Kabupaten Padang Lawas Utara tahun 2025-2045 dirumuskan visi “Paluta yang sejahtera, berdaya saing dan berkelanjutan” dengan misi sebanyak 5 misi.
Misi 1: Mewujudkan sumber daya manusia unggul yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Misi 2: Mewujudkan perekonomian yang kokoh melalui pembangunan dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.
Misi 3: Mewujudkan keterpaduan penataan ruang serta pemenuhan kapasitas dan layanan sarana prasarana secara menyeluruh.
Misi 4: Mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan

Pada tahun 2025 Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara akan merumuskan program, kegiatan untuk mencapai lima indikator makro pembangunan daerah mulai dari peningkatan pertumbuhan ekonomi, pengurangan indeks gini, penurunan angka kemiskinan, pengurangan angka pengangguran dan peningkatan indeks pembangunan manusia, disamping itu juga pemerintah daerah akan menitikberatkan pada pencapaian indikator kinerja utama daerah yang terdiri dari :

1. Peningkatan nilai akuntabilitas pemerintah daerah
2. Peningkatan pengelolaan keuangan daerah
3. Peningkatan pelayanan publik
4. Peningkatan kualitas pendidikan
5. Peningkatan kualitas kesehatan
6. Peningkatan sektor pertanian
7. Peningkatan sektor pariwisata
8. Peningkatan infrastruktur dasar daerah
9. Peningkatan kualitas lingkungan hidup

Beliau juga mengatakan bahwa upaya yang akan dilaksanakan pemerintah daerah dalam mencapai target kinerja pembangunan daerah diatas dilakukan melalui kegiatan strategis, hal ini bertujuan agar pemerintah daerah dapat lebih fokus dan terarah untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan dalam dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2024-2026.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber yaitu Plt. Kepala Bappelitbangda Haholongan Siregar, SE., MM., Kepala Badan Pusat Statistik, Rektor ITS Kabupaten Padang Lawas Utara.

(Sahnan Harahap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *