Bupati Banggai Ir. H. Amiruddin Tamoreka Bersama Wabup Banggai Drs. H. Furqanudin Masulili. MM, Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Serta Serah Terima Memori Jabatan dan Pidato/Sambutan Bupati Banggai

Jurnalpolisipos.id||Luwuk(BANGGAI) – BUPATI BANGGAI H. AMIRUDIN Bersama WAKIL BUPATI BANGGAI H. FURQANUDDIN M Menghadiri Acara SERAH TERIMA MEMORI JABATAN BUPATI BANGGAI DAN RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN BANGGAI DALAM RANGKA PENYAMPAIAN PIDATO BUPATI BANGGAI HASIL PEMILIHAN KEPALA DAERAH SERENTAK TAHUN 2020.

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Banggai, Sidang Paripurna di Pimpin Ketua DPRD Kab. Banggai (Suprapto), Wakil Ketua 1 (Bathia Sisilia Hadjar), Wakil Ketua 2 (Samsul Bahri Mang) dan Seluruh Anggota Dewan yang Terhormat, turut hadir Mewakili Gubernur Sulteng Asisten Pemerintahan Hukum dan Politik Setdaprov (Ir. H. Faisal Mang, M.M), Kabiro Pemerintahan dan Otda SetdaProv, Pimpinan Forkopimda Dandim 1308 LB, Kapolres Banggai, Kajari Banggai, Ketua Pengadilan Negeri Luwuk, Sekda Banggai, Bupati dan Wakil Bupati Banggai Periode 2016-2021 (H. Herwin Yatim dan H. Mustar Labolo), Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Setda Banggai, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Ketua TP-PKK Kab. Banggai, Ketua DWP Kab. Banggai, serta Para Undangan lainnya.

Di awali dengan Penandatanganan dan Serah Terima Memori Jabatan Bupati Banggai

Bupati Banggai (2016-2021) H. Herwin Yatim, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati dan Wakil Bupati Banggai Terpilih Bpk Ir. H. Amirudin Tamoreka dan Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M yang di lantik dan di ambil sumpah oleh Gubernur Sulawesi Tengah, insya Allah Kami berdua bersama masyarakat dan ASN siap mendukung Kepemimpinan Bapak Berdua dalam memajukan Pembangunan Kabupaten Banggai Daerah yang kita cintai ini akan lebih baik lagi kedepan, apalagi ASN Kalian adalah orang-orang hebat karena saya sudah membuktikan bagaimana para Pimpinan Perangkat Daerah, Bupati dan Wakil Bupati ketika betul betul bekerja secara profesional insya Allah mereka akan menjadikan yang lebih baik lagi kedepan dengan kepemimpinan bapak Bupati dan Wakil Bupati Banggai Yang Baru, saya ucapkan selamat dan sukses semoga Allah Swt selalu melindungi dan meridhoi kita semua. Amiin.

Bupati Banggai H. Amirudin dalam Pidatonya menyampaikan saat ini kita masih berada dalam suasana akhir bulan Syawal 1442 Hijriyah, karenanya perkenankan saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai bersama Keluarga mengucapkan Minal A’idzin Wal Faizin, Mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Banggai, semoga muatan pembelajaran dan kemenangan yang kita peroleh dalam menjalani ibadah puasa lalu, tetap di lekatkannya dalam sanubari kita dan senantiasa menjadi landasan hidup dalam beraktivitas, sehingga di hari hari esok kita tetap mampu menata kembali kepribadian serta pengabdian kepada agama, bangsa dan negara serta daerah yang kita cintai ini.
Momentum hari ini merupakan satu dari serangkaian proses pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, proses yang telah menunjukkan kedewasaan masyarakat banggai dalam berdemokrasi, untuk itu tidak berlebihan kiranya apabila kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya bagi para calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai yang maju, partai politik, KPU, Bawaslu dan seluruh masyarakat Kabupaten Banggai serta semua pihak yang terlibat aktif dalam proses tersebut, sebagaimana yang telah kita ketahui bersama pada hari Selasa 8 Juni 2021 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati masa bakti 2021-2024 telah resmi di lantik dan mengucapkan sumpah dan janji di depan Gubernur Sulawesi Tengah, tentu saja dengan selesainya prosesi pengambilan sumpah dan janji tersebut kami berdua telah resmi memangku jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banggai, untuk itu saya H. Amirudin Tamoreka perlu memperkenalkan figur Wakil Bupati Saudara H. Furqanuddin Masulili kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Banggai,, secara personal saudara H. Furqanuddin Masulili bukanlah figur yang asing bagi kita semua, karena beliau adalah putra daerah asli Kabupaten Banggai yang sejak awal masa kariernya sebagai PNS.
Selanjutnya amanah dan mandat yang sudah di percayakan masyarakat kepada kami berdua akan kami pegang teguh dan laksanakan sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku dengan semboyan Cerdas, Santun, Religius (CSR) izinkan kami dengan ikhtiar terbaik untuk meneruskan pengabdian Bupati Dan Wakil Bupati Banggai terdahulu kepada masyarakat banggai. cerdas santun dan religius tidak boleh hanya menjadi jargon akan tetapi harus benar benar menjadi marwah dan spirit dalam bekerja untuk kepentingan rakyat Ucap Bupati.

Cerdas artinya mampu memahami apa yang di butuhkan masyarakat.
Santun maknanya menerima, menyerap dan menindaklanjuti kritik membangun, masukan dan aspirasi masyarkat.
Religius menjadi landasan utama kepemimpinan kami kedepan baik sebelum maupun sesudah mengambil suatu putusan kebijakan.
Tiga setengah tahun tentu bukan waktu yang ideal untuk menyelesaikan seluruh agenda pemerintahan apalagi di masa pandemi seperti ini, akan tetapi tiga tahun setengah akan menjadi sia sia jika kita hanya berpangku tangan dan pasrah pada keadaan, kita harus yakin bahwa kita bisa bangkit dari kondisi ini, kita bisa menang melawan Covid-19, perekonomian tumbuh normal dan kondisi masyarakat menjadi lebih baik, Insya Allah Kita Semua Bisa sepanjang kita bekerja keras dan yakin bahwa Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa selalu menyertai perjuangan kita semua.
Ratusan penghargaan baik dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat bahkan Dunia Internasional yang telah di torehkan merupakan hasil kerja sama yang baik antara Pemerintah, Pihak Swasta dan Masyarakat sebagai 3 (Tiga) Pilar penyelenggara pembangunan, semoga dengan semangat yang sama kita kembali bisa meraih penghargaan- penghargaan serupa yang lebih gemilang di masa mendatang Ucap Bupati.

Visi Kami terwujudnya banggai maju, mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal
Serta tertuang dalam 6 Misi 1 Membangun sumber daya manusia berkualitas, produktif dan sejahtera
2 Menciptakan kemandirian ekonomi yang produktif dan berdaya saing melalui pemanfaatan teknologi
3 Mempercepat pertumbuhan dan pemerataan infrastruktur serta penanggulangan bencana
4 Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang berbasis lingkungan
5 Pengembangan pariwisata dan budaya serta nilai keagamaan
6 Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa Permasalahan Kabupaten Banggai saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, Kualitas SDM, kemiskinan, pengangguran, keterbatasan infrastruktur, kesenjangan wilayah, pemanfaatan teknologi informasi, komunikasi serta transformasi digital, penataan ruang, lingkungan hidup, penanggulangan bencana daerah, tata kelola pemerintahan, kualitas pelayanan publik dan penanganan dampak Covid-19, hal-hal inilah yang menjadi isu utama tugas kami kedepan
Peningkatan kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, peningkatan kualitas dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan yang merata pada semua satuan pendidikan, dukungan fungsi pendidikan terhadap stunting melalui pelaksanaan Paud Holistik Integratif, Kelas Parenting, Penguatan fungsi UKS dan Sanitasi Sekolah dan Start Up Company merupakan program prioritas di tahun 2022 yang kami harapkan dapat mewujudkan banggai yang produktif.
Adapun banggai yang sejahtera dapat kita wujudkan melalui validasi data penduduk miskin dan rentan miskin untuk berbagai skema bantuan sosial, penataan skema bantuan sosial, penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan ODGJ, penanganan Lansia, penataan skema perlindungan dan jaminan sosial masyarakat serta inovasi “TUMIS IKAN TERI” ( tuntaskan Kemiskinan Melalui Kegiatan Terintegrasi). inilah antara lain hal-hal yang menjadi prioritas dalam kepemimpinan kami yang tentunya akan terus kami revisi sesuai Kebutuhan dan aspirasi masyarakat Ucap Bupati.

Banggai sehat, banggai cerdas, banggai produktif dan banggai sejahtera juga kami fokuskan pada pembinaan organisasi kepemudaan karang taruna dan pembinaan cabang olahraga prestasi, modernisasi koperasi berbasis wirausaha, pelaksanaan satu juta untuk satu pekarangan serta Bumdes sampai dengan 500 (Lima ratus) juta melalui Revitalisasi Bumdes/Bumdes bersama, peningkatan akses masyarakat terhadap perumahan dan permukiman layak, aman dan terjangkau,
Di bidang Pertanian, penerapan smart farm atau pertanian cerdas, terukur dan terintegrasi kemudian di bidang pariwisata dengan pengembangan 3 (Tiga) Destinasi Pariwisata prioritas (Pulo Dua, Salodik dan Teluk Lalong).

Kami memahami cita-cita banggai sehat, cerdas, produktif dan sejahtera tidak semudah membalik telapak tangan, ini semua hanya akan menjadi terus angan dan mimpi belaka jika kita tidak mulai bekerja dan fokus pada keberhasilan, pada kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak kita semua bersama mewujudkan mimpi indah ini, birokrasi yang profesional, handal dan berkompeten yang sudah terbukti berhasil dari Pemerintahan sebelumnya merupakan modal utama kita, olehnya itu kita harus mampu bekerja lebih keras, bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah desa demikian pula bersama masyarakat dan pihak swasta kita harus bersama bergandengan tangan untuk meraih keberhasilan Pembangunan Daerah Kabupaten Banggai yang kita cintai ini.

Pada kesempatan lain Gubernur Sulawesi tengah yang diwakili Oleh Asisten Pemerintahan, Hukum Dan Politik Faisal Mang membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulawesi tengah, diantaranya menyampaikan
selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, dari hati yang terdalam dan dengan penuh rasa bangga saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada saudara Mantan Bupati dan Wakil Bupati Banggai yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya semoga hasil hasil kepemimpinan saudara dapat membawa manfaat bagi pembangunan bumi babasal dan Kepada saudara Bupati dan Wakil Bupati Banggai Yang Baru saya berpesan agar kiranya dapat segera menyesuaikan diri dan cepat berkoordinasi dengan jajaran perangkat daerah dalam melaksanakan tugas tugas Pemerintahan dan Pelayanan Publik dengan baik, saya harap saudara berdua dapat menjadi pemimpin yang bersahaja dan merakyat, yang mampu berinovasi, proaktif, bekerja, memberi bukti dan prestasi, bukan sekedar pandai beretorika dan memberi janji-janji manis kepada masyarakat.
Perkenankan saya mengulangi kembali pesan dan harapan Bapak Gubernur kepada Bupati dan Wakil Bupati Banggai yang baru saat pelantikan kemarin sebagai pedoman saudara dalam bertugas, yaitu :

  1. Jagalah integritas, karena integritas dapat menahan diri saudara dari godaan-godaan yang hanya memberikan kenikmatan di awal, tapi berujung sengsara di akhirnya.
  2. Layani masyarakat dengan ketulusan dan keikhlasan
  3. Jagalah kekompakan antar Bupati Dan Wakil Bupati sejak dari hari pelantikan hingga hari terakhir masa jabatan.
  4. Pemerintah Kabupaten Banggai, saya harapkan selalu menjaga koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, karena bagaimanapun juga Pemerintah Provinsi adalah perwakilan pemerintah pusat di daerah.

Terakhir, saya minta kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran dan komponen masyarakat banggai agar mendukung Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, hasil pilkada 2020 Bapak Rusdi Mastura dan Bapak Ma’mun Amir yang insya Allah keduanya akan di lantik Tanggal 16 Juni 2021 di Jakarta,

Diakhir sambutan tertulis, Gubernur Sulteng memohon maaf sebesar besarnya apabila di dalam menjalankan amanah kepemimpinan selama dua periode ini, masih terdapat celah kekurangan saat berkoordinasi dan berkomunikasi, sekaligus saya mohon pamit karena tinggal menghitung hari menuju masa purnabakti sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, terutama kepada masyarakat sulawesi tengah yang telah memberikan mandat kepercayaan kepada kami untuk memimpin bumi tadulako, Provinsi Sulawesi Tengah. Tutupnya.

Semoga Masyarakat dan Pemerintah selalu dalam Lindungan dan Ridho Allah SWT.

(Sub Bag. Dokumentasi Pimpinan Bag. Prokopim Setda Banggai/M. Ales)
Revino JPPos Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *