SMK Negeri 1 Huristak Palas Terapkan Pendidikan Karakter Dan Program Keagamaan

JPPOS.ID || PALAS – Berbicara tentang dunia pendidikan, sekolah merupakan salah satu yang paling berjasa dalam membentuk karakter dan akhlak para peserta didik selain peran para orang tua. Diantaranya menanamkan nilai-nilai agama agar terlahir siswa-siswi yang beriman dan bertakwa terhadap Allah SWT

serta memiliki akhlak yang mulia sebagaimana harapan kita bersama.

Seperti halnya SMK Negeri1Huristak Padang Lawas sekarang ini sedang berupaya dan berbenah sejalan dengan visi dan misi sekolah untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat penguatan karakter dan kegiatan keagamaan agar para peserta didik khususnya yang sedang menimba ilmu di bangku SMK Negeri 1 Huristsk yang merupakan sekolah kejuruan kebanggaan warga Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas dapat dibentengi dengan iman yang tangguh dalam menjalani proses belajar mengajar maupun menghadapi berbagai tantangan dan cobaan terlebih dizaman serba canggih seperti saat ini.

Demikian hal tersebut diungkapkan Kepala SMK Negeri 1 Huristak DR.H.Mukmin Saipul, S.Pd, M.Si yang didampingi Wakasek bidang Kurikulum Sri Sadly, S.Pd saat ditemui media ini di ruang kerjanya baru-baru ini.

Lebih jauh dikatakan Mukmin Saipul selaku pimpinan SMKN 1 Huristak terkait dengan penerapan penguatan karakter yang sedang dilaksanakan pihak sekolah melalui pogram eskul S.5 (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun)
Menurut beliau disetiap pagi para siswa dibiasakan untuk mengucapkan salam kepada guru yang berbaris di depan pintu gerbang sekolah, begitupun saat berjumpa dengan guru ataupun senior mereka, siswa SMKN 1 Hurstak dilatih untuk membiasakan diri untuk menyapa, tersenyum sambilĀ  mengucapkan salam, diharapkan agar menjadi kebiasaan para siswa karena hal tersebut merupakan sunnah Rasul.

Dengan senyum sapa salam para siswa diajarkan untuk menghormati yang lebih tua dan santun kepada yang lebih muda, sehingga tidak ada kasus kasus kekerasan di sekolah yang terjadi, karena peserta didik senaghormati satu sama lain. Sehingga terjadi keharmonisan antar siswa.

Kemudian, apel pagi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap pagi dengan tujuan membina kedisiplinan siswa. Selain itu, kegiatan apel pagi juga di manfaatkan untuk membentuk karakter percaya diri dan mandiri siswa/I SMKN 1 Huristak sehingga siswa terlatih untuk berbicara didepan umum dan percaya diri. Kegiatan penampilan minat dan bakat di fasilitasi oleh guru semua mata pelajaran.

Selain dari pada itu, Sholat Dzuhur berjamaah dan pengajian Jum’at selalu dilaksanakan demi menumbuhkan karakter peserta didik terutama dalam bidang agama, baik di rumah maupun di sekolah.

Selain kegiatan Sholat berjamaah, sekolah juga memiliki program keagamaan lainnya, seperti membaca Al- Qur’an. Kegiatsn membaca Al- Qur’an bersama biasanya dilakukan sebelum memulai pelajaran.
yang dipandu oleh Guru Agama Islam SMKN 1 Huristak, Dewi Suci Haryati, S.Pdi,

“Karena Sholat merupakan fondasi agama maka kita biasakan para siswa bersama guru untuk melakukan Sholat Dzuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan dzikir dan do’a bersama sehingga kita berharap dalam kehidupan kesehariannya dapat diterapkan masing- masing peserta didik,” pungkas pak Mukmin.
(Taufik Harahap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *