PISA dan Pemkot Surabaya Berikan Program Khusus Gratis Pada Anak

JPPOS.ID || SURABAYA – Anak-anak adalah sebuah harta karun yang sangat berharga untuk masa depan di dunia ini. Tetapi masa depan tersebut semakin seram, dan mungkin bisa membuat para orangtua takut dengan banyaknya kasus yang sangat beragam sehingga dapat merenggut masa depan anak-anak yang seharusnya penuh dengan keceriaan justru menjadi tidak bahagia.

Maraknya kasus pelecehan seksual, kekerasan pada anak, dan lainnya membuat UNICEF semakin gencar-gencarnya membuat perlindungan kepada seluruh dunia akan perkembangan yang sehat untuk anak-anak disetiap negara, tidak terlepas untuk Indonesia, khususnya di Kota Pahlawan yaitu Surabaya.

Tidak ketinggalan dengan kegiatan anak di kota Surabaya. Adanya sorak gembira anak-anak dari Rumah Belajar Sedap Malam saat berkunjung ke Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA), disambut oleh salah satu petugas PISA bernama Sasi. Ruangan yang dipenuhi oleh permainan tradisional membuat anak-anak yang berkunjung semakin antusias.

Tidak hanya bermain, tetapi ditempat tersebut juga diadakan kegiatan Ice Breaking, dongeng, mewarnai, belajar membaca abjad dan berhitung angka, bernyanyi bersama serta yang tidak kalah pentingnya adalah sosialisasi program PISA kota Surabaya kepada wali murid (07//06/2023).

Adanya kepedulian pemerintahan Kota Surabaya (PEMKOT) terhadap issue permasalahan pada anak, maka melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Surabaya (DISPUSIP) sebagai pemangku utama program ini dan juga bekerja sama dengan semua instansi pemerintahan kota Surabaya, telah memberikan tempat untuk memberikan informasi terkait permasalahan anak pada program PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak), dan sudah dibuka untuk umum semenjak kunjungan UNICEF pada tanggal 13 Februari 2023.

Sasi Apri Rohmawati, SE yang merupakan petugas yang bertanggung jawab untuk program PISA, mengatakan bahwa PISA diperuntukkan untuk anak dari usia 0-18 tahun yang disesuaikan dengan perundang-undangan, dan dengan adanya tempat ini mereka mendapatkan informasi yang sehat.

“Alasan 18 tahun disini masuk dalam kategori dikarenakan peralihan dari usia 17 menuju 18 tahun itu sangat rentan karena sebagian masih belum ada yang ter-edukasi dengan baik. Sehingga dengan adanya PISA, para remaja ini mendapatkan informasi yang baik dan sehat ketika mereka beranjak dewasa “, ungkap Sasi.

“Selain menjadikan PISA sebagai pusat informasi untuk anak, tujuan PISA juga menjadi wadah khusus anak-anak yang gunanya mengurangi dampak kekerasan pada anak secara verbal maupun fisik, mengingat di Surabaya masih banyak kasus serupa dan masih belum teredukasi oleh anak-anak, maka dari itu dengan adanya informasi dan edukasi dari PISA, maka anak-anak dapat memahami dan dapat menyebarkan ke sesama teman-temannya “. Kata Sasi.

Sasi juga menambahkan bahwa PISA juga menyediakan Psikolog yang dibawah naungan pemerintah kota Surabaya, yang tujuannya membantu memberikan solusi terhadap permasalahan yang anak-anak alami. Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi orangtua juga bisa mendapatkan informasi serta solusi terkait segala permasalahan yang dialami anak-anaknya. Selain adanya konsultasi, PISA juga menyediakan program yang sudah te-integrasi dengan semua dinas di Pemkot.

Sebagai contoh tersedia salah satu program bernama rumah kreatif yang memberikan wadah kepada anak yang tertarik dengan dunia seni, dan program ini yang bertanggung jawab adalah Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya (DISBUDPORAPAR) (12/05/2023).

PISA terletak pada gedung Balai Pemuda atau yang juga satu wilayah dengan alun-alun kota Surabaya. Tempat yang strategis untuk masyarakat saat mengisi waktu luang, tidak hanya dengan menikmati fasilitas museum bawah tanah dan perpustakaan, tetapi semua orang khususnya anak-anak dan orangtua juga bisa mendapatkan informasi seputar anak dengan berkunjung ke PISA, bahkan semua layanan kegiatan yang ada pada PISA tidak dipungut biaya atau gratis.

PISA juga menyediakan hotline yang dapat dihubungi, yaitu 0817277752 serta bisa follow akun instagram di @pisasurabaya. PISA mendorong persahabatan yang berharga ditengah kegiatan anak yang menarik.

Demi menciptakan lingkungan yang aman dan sehat, maka PISA siap untuk membantu semua masyarakat khususnya warga kota Surabaya agar anak-anak dapat menikmati masa perkembangannya dengan aman dan sehat demi masa depan anak yang bahagia.(Pewarta: Kumala ayu Setyo dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *