PM Jepang Kunjungi Presiden Jokowi Bahas Penanganan Pandemi Covid-19

JPPOS.ID,JAKARTA _Untuk yang pertama kalinya Indonesia dikunjungi kepala negara lain sejak pandemi Covid-19. 

Hari ini, Selasa (20/10) Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengunjungi Indonesia untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan kunjungan ini, maka Suga menjadi kepala negara pertama yang berkunjung sejak Jokowi mengumumkan kasus corona di Indonesia. Suga dijadwalkan berada di Indonesia selama dua hari. 

Menurut laporan Associated Press, Suga telah tiba di Indonesia.

Kunjungan PM Suga ke Indonesia, diperkirakan membahas langkah-langkah menangani virus Covid-19 atau corona. Selain itu tidak menutup kemungkinan juga membahas dukungan Jepang terhadap ekonomi Indonesia yang turut kena imbas karena pandemi.

Jepang berharap untuk memperdalam dan memperkuat hubungan pertahanannya dengan Indonesia, mempromosikan alutsista, hingga perjanjian transfer teknologi.

Usai upacara penyambutan dan penanaman pohon di Istana Kepresidenan Bogor, Suga akan bertemu dengan Jokowi.

Kemudian pada Rabu (21/10) ia dijadwalkan bertemu orang-orang yang terkait dengan perusahaan Jepang serta meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata sebelum kembali ke Tokyo.

Sebelum mengunjungi Indonesia, Suga lebih dulu bertandang ke Vietnam. Dalam kunjungannya yang juga selama dua hari di sana, Suga mengatakan baik Vietnam dan Indonesia adalah kunci untuk mengejar visi “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka”.

Jepang sendiri memang kerap mendorong anggota PBB Asia Tenggara untuk bekerja sama dalam mempromosikan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Negara berjuluk Negeri Matahari Terbit ini ingin menyampaikan narasi penghormatan terhadap sistem internasional berbasis aturan terkait laut.

Hal ini berbanding terbalik dengan China yang menolak dan terus menggaungkan klaim nine dash line miliknya atas Laut China Selatan.(Effendi/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *